Minggu, 22 Januari 2017

Macam-Macam Dioda Dan Fungsinya Paling Lengkap

DIODA

Dioda diambil dari kata dio dan da, dio diartikan sebagai dua atau dobel, dan da tersusun atas dua elektroda. Elektroda positif adalah anoda dan elektroda negatif namanya katoda. Dioda hanya dapat meneruskan arus listrik dalam satu arah saja yaitu arah maju (forward bias) aliran arusnya dari anoda ke katoda, atau arah mundur ( reverse bias) aliran listriknya dari katoda ke anoda.

Jenis jenis dioda
1.      Dioda Kristal atau Dioda Germanium

      













Terbuat dari germanium dan wolfram sebagai katoda yang dikatan pada anoda di suatu titik, dioda ini berfungsi untuk mendeteksi gelombang pada radio

2.      Dioda Zener

      

            Dioda ini berfungsi untuk menyetabilkan tegangan pada catu daya (power supply), dalam penggunaannya dioda zener dipasang terbalik yaitu katoda dan anoda dihubungkan deng kutub. Pada dasarnya dioda zener biasa disebut sebagai voltage tegangan, dioda ini terbuat dari silikon yang bekerja pada reverse bias didaerah tegangan tembus (break down voltage)


3.      LED ( light emitting diode )


               LED merupakan dioda yang dapat menyala apabila ada arus yang melaluinya, LED mempunyai dua kaki yaitu kaki positif ( kaki yang panjang ) dan kaki negatif ( kaki yang pendek ). LED mempunyai berbagai  mulai dari merah, orange, hijau, kuning, putih dan ada juga yang multi color. LED biasanya digunakan sebgai lampu-lampu indikator atau hiasan. Bahan LED sendiri adalah gallium arsenide. LED juga mempunyai berbagai jenis. dan jenis jenis LED akan saya bahas pada artikel selanjutnya... oke !!!

4.      Dioda Foto

      


                  Dioda foto dibuat dari sambungan semikonduktor jenis positif dan jenis negatif yang terbungkus rapat, dioda foto juga dipasang terbalik. Biasanya hmabtan dioda foto akan berkurang atau menurun jika cahaya yang mengenainya makin terang, berdasarkan sifatnya dioda foto digunakan untuk alat penghitung

5.      Dioda Silikon


      
Dioda silikon terbuat dari silikon, dioda ini dapat dialiri arus yang besar sehingga bisa digunkan sebagai penyearah arus.


           Cara menguji atau mengecek dioda yang masih normal atau bisa digunakan akan dibahas di artikel berikutnya.......
Semoga bermanfaat.............jangan lupa bookmark oke....

9 komentar:

  1. Wah lengkap buat belajar, dasar2 elektronika ni,..Oh, LED itu termasuk dioda juga ya, maklum masih awam,

    BalasHapus
  2. kemarin juga saya belajar ini dan saya gak paham :(

    BalasHapus
  3. jadi kepikiran pas zaman SMK ni materi , sampe lupa fungsi dari masing2 jenis dioda

    BalasHapus
  4. mantap bro , ada di kuliah nih , dioda tersebut adanya di optocoupler kan ?

    BalasHapus
  5. thanks gan pas banget nih lagi cari buat tugas

    BalasHapus
  6. Thanks ilmunya om... Ijin bookmark ya, pas sama jurusan kuliah ku.. .

    BalasHapus